CONTOH SINOPSIS NOVEL

SINOPSIS

Judul                    : Nirwana di Balik Petaka
Penulis                 : Mira W .
        Penerbit               : PT Gramedia Pustaka Utama , Jakarta
        Tahun terbit         : 2002
        Jumlah halaman  : 182


Nirwana di Balik Petaka


Novel ini menceritakan tentang kisah Aris yang dititipkan ibunya ke pamannya yang bernama Paman Farid yang akan membawa Aris ke Jakarta. Di Jakarta Aris di kisahkan terlibat dalam kasus tawuran antar siswa antara sekolah Aris dan STM Pratama .

Ketika Aris duduk di bangku SMP Aris dititipkan di oleh ibunya ke pamannya yang bernama Paman Farid. Mulanya Aris sempat menolak karena dia mempunyai seorang pacar yang bernama Nila ,  dia adalah gadis remaja yang sangat cantik. Nila dan Aris sudah cukup lama berpacaran , semakin lama mereka pacaran mereka sering bolos sekolah dan pulang telat akhirnya Aris pun sering di marahi oleh olah ayah Nila dan melarang Aris bertemu dengan Nila . Aris berjanji untuk kembali ke kampung setelah ia sukses . Setelah itu Aris pun mau mengikuti pamannya untuk ikut tinggal di rumah pamannya di Jakarta . Setelah cukup lama di tinggal Aris , Nila sangat merindukan Aris karena ia diketahui telah mengandung anaknya . Karena Nila malu ia pun menyusul Aris ke Jakarta hanya dengan bermodal alamat yang tidak lengkap . Sudah 2 hari  di Jakarta Nila juga belum bertemu dengan Aris dan akhirnya Nila bertemu dengan Pak Wendo yang seorang pengusaha kantor penyaluran pembantu rumah tangga . Pada liburan sekolaah Aris pun pulang ke kampungnya dengan membawa sebuah kalung emas yang akan di berikan kepada Nila . Setelah sampai di kampung , Aris bergegas untuk mencari Nila , setelah sekian lama mencari ia pun menanyakan keberadaan Nila ke adiknya , setelah itu Aris pun tahu kalau Nila sedang menyusul Aris ke Jakarta karena Nila mengandung anaknya Aris . Tidak lama kemudian , Aris pun kembali ke Jakarta untuk mencari cari Nila namun usahanya sia sia . Setelah cukup lama Aris tinggal di rumah pamannya ia kurang mendapat perhatian sehingga Aris menjadi berandal dan masuk ke dunia minuman keras dan obat terlarang . Pada suatu hari Aris

terlibat dalam tawuran antar pelajar antara sekolahnya dan STM Pratama yang disebabkan karena anak anak STM Pratama suka mengisengi teman teman putrinya . pada waktu itu anak anak STM Pratama  ada didalam bus yang sedang melaju kemudian Aris dan teman temannya mengikuti bus itu dan melempari bus itu dengan batu , ketika bus dalam keadaan macet total , anak anak STM Pratama di suruh keluar oleh sopir bus itu , setelah keluar dari bus anak anak STM Pratama dan anak anak sekolahnya Aris saling lempar melempar batu hingga banyak orang yang tidak terlibat luka luka. Semakin lama tawuran itu semakin sengit dan ditambah dengan diketahuinya 2 anak STM Pratama yang sembunyi di dalam bus . Tawuran itu mengakibatkan seorang sisiwa perempuan dari sekolah lain yang kebetulan lewat menggunakan mobil sedan terkena lemparan batu di kaca depannya dan mobilnya menabrak tiang lstrik . Siswa perempuan itu bernama Pratiwi Purnama , dia mengalami kebutaan dan luka yang parah di wajahnya karena perbuatan Aris dalam tawuran itu . Setelah mendengar nasihat pamannya Aris pun menyesali perbuatannya dan tidak lama kemudian Aris menjenguk Pratiwi di Rumah Sakit . Karena perasaan bersalahnya Aris pun menikahi Pratiwi sesudah lulus SMA . Aris dan Pratiwi mempunyai seorang anak perempuan . Setelah sekian lama Aris menikah dengan Pratiwi tiba tiba Aris kembali berjumpa dengan Nila  kekasihnya yang sempat menghilang dan Nila pun memperkenalkan anak perempuannya ke ayahnya. Setelah Aris dan Nila cukup lama bertemu kembali mereka pun menjalin hubungan baru lagi dan Pratiwi pun mencurigainya . Setelah Pratiwi tahu bahwa Aris dan Nila  mempunyai anak dan tidak mencintainya  , dia minta cerai dan segera menikahi Nila .

Aris adalah orang yang berandal tetapi ia sudah menyesali perbuatannya dan sudah menebusnya kemudian ia telah menjadi orang yang baik dan membuka hidup baru .(riannw- 11/2011)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar