POKOK PEMBAHASAN :
1. pengertian pengelolaan waktu
2. tujuan penerapan pengelolaan waktu
3. 5 prinsip pengelolaan waktu
4.
teknik-teknik menentukan skala prioritas dari kegiatan kantor
5. alasan mengapa pegawai
atau staf kantor harus menentukan skala prioritas ketika suatu saat menghadapi
pekerjaan kantor yang demikian banyak..
JAWABAN :
1. Managemen Waktu merupakan
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu.
Waktu menjadi salah satu sumber daya unjuk kerja. Sumber daya yang mesti
dikelola secara efektif dan efisien. Efektifitas terlihat dari tercapainya
tujuan menggunakan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan efisien tidak
lain mengandung dua makna,yaitu: makna pengurangan waktu yang ditentukan, dan
makna investasi waktu menggunakan waktu yang ada.
2. Tujuan
manajemen waktu sangat penting di jaman yang semakin modern ini karena
mobilitas manusia juga semakin tinggi. Sebagian besar dari meereka mempunyai
aktivitas yang padat dan rutinitas lain yang sangat banyak. Tujuan manajemen
waktu adalah mengatur waktu sedemikian rupa dengan menyusun jadwal harian dan
agenda agenda harian kita agar bisa teratur dan bisa terlaksana dengan baik
dengan meletakkan prioritas tertentu dalam jadwal harian kita dan target apa
yang akan kita capai hari itu, sehingga kita tau pekerjaan penting apa yang
harus kita kerjakan terlebih dahulu hari ini, besok dan seterusnya. Untuk
mencapai hasil yang baik memerlukan
disiplin dan komitmen yang tinggi untuk
melakukannya.
3. Prinsip
prinsip pengelolaan waktu :
-
Selalulah aktif bukan reaktif,
Buatlah keputusan-keputusan aktif tentang bagaimana kita menghabiskan waktu
kita daripada reaktif terhadap setiap tuntutan yang kita temui. Tentukan apa
saja yang penting bagi kita, dan katakan "tidak" terhadap segala
sesuatu yang bertentangan.
-
Tentukan sasaran, Dengan
menentukan sasaran, kita tahu tujuan kita. Tanpa sasaran, kita akan kehilangan
arah dan bereaksi terhadap kesempatan kesempatan dan persoalan persoalan yang tidak pasti,
dengan pandangan sempit atas akibat yang mungkin timbul dalam kehidupan pribadi
dan profesional kita.
-
Tentukan prioritas dalam tindakan
, Begitu kita telah menentukan sasaran, kita perlu menentukan prioritas
tindakan guna mencapai sasaran sasaran itu. Kunci dalam menentukan prioritas
adalah dengan mengidentifikasikan apa yang penting dari aktivitas kita secara
tepat dan menentukannya sebagai prioritas.
-
Pertahankan fokus kita,
Maksimalkan produktivitas kita dengan berkonsentrasi pada satu proyek yang
utama satu per satu. Setelah menentukan sasaran dan prioritas tindakan,
pantaulah perkembangannya hingga proyek itu selesai. Apa pun yang kita lakukan,
lakukanlah dengan seluruh kemampuan kita.
-
Ciptakan tenggat waktu yang
realistis, Tenggat waktu yang realistis dapat membantu Anda tetap fokus pada
sasaran jangka panjang dan terutapa pada prioritas jangka pendek.
4. Kita dituntut untuk bisa mencapai hasil
kerja yang maksimal. Sayangnya hasil kerja yang maksimal tidak mungkin
diperoleh begitu saja hanya dengan fokus melakukan setiap pekerjaan. Apalagi
jika ada sekian banyak pekerjaan datang dalam waktu yang bersamaan. Kita semua
memiliki kesibukan yang padat. Disinilah pentingnya membuat skala prioritas.
Kita bisa memilih dan memilah pekerjaan mana yang menduduki prioritas paling
tinggi dan butuh diselesaikan lebih dulu. Ketika membuat skala prioritas, kita
harus mengurutkannya dulu dari yang paling penting dan mendesak, hingga yang
tidak mendesak sama sekali. Teknik memprioritaskan pekerjaan yang bersifat
penting dan mendesak dilakukan terlebih dahulu karena hal hal tersebut bersifat
segera dan biasanya hal hal yang penting dan mendesak tidak bisa ditunda tunda
atau di pending. Berikut adalah 4 kategori skala prioritas, yaitu :
a.
Mendesak
dan penting, Tipe pekerjaan dengan skala prioritas Penting & Mendesak ini
harus diprioritaskan untuk diselesaikan lebih dahulu. Tugas tersebut bisa kita
seleksi dari kapan tugas tersebut masuk ke daftar kerja kita hingga kapan tugas
itu harus selesai. Jika jarak antara tanggal masuk dan tanggal selesai sangat
dekat, bisa dipastikan kalau tugas itu memang sangat Penting & Mendesak.
Makanya kita harus mendahulukannya. Jangan pernah menunda pekerjaan yang masuk
dalam kategori ini.
b.
Penting,
Tipe pekerjaan dengan prioritas seperti ini, sebaiknya disikapi dengan
menjadwalkan pekerjaan kita kembali. Karena ada baiknya kita menggunakan waktu
produktif kita untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang bernilai Penting sebelum
pekerjaan ini naik kelas skala prioritasnya menjadi Penting dan Mendesak.
Kerjakan dengan penuh semangat dan gairah untuk menghindari revisi.
c.
Mendesak,
Yang ketiga yaitu tipe pekerjaan Mendesak. Pekerjaan ini terkadang datang dari
orang di luar anda. Misalnya ketika mereka minta bantuan anda. Hal ini bisa
saja mengganggu waktu produktif anda untuk mengerjakan pekerjaan yang skalanya
Penting. Makanya, ketika anda sedang berjibaku pada pekerjaan Penting anda,
sah-sah saja jika anda menolaknya. Apalagi jika pekerjaan Mendesak ini membuat
anda kewalahan menyelesaikan tugas anda. Atau anda bisa mengatakan pada mereka
untuk menunggu hingga apa yang anda kerjakan sekarang selesai.
d.
Tidak
mendesak dan tidak penting, Pekerjaan dengan tipe prioritas seperti ini
sebaiknya anda hindari. Bukan berarti tidak dikerjakan. Tetapi anda bisa
mengesampingkannya sampai semua pekerjaan dengan skala prioritas lebih tinggi
tuntas. Apalagi jika pekerjaan ini diciptakan oleh orang lain. Misalnya anda
diajak bermain layang-layang. Jangan ragu untuk berkata tidak, dengan alasan
yang bisa membuat mereka memahaminya.
5.
Pegawai atau staf kantor harus menentukan skala prioritas ketika suatu
saat menghadapi pekerjaan kantor yang demikian banyak karena begitu pentingnya
memiliki skala prioritas pekerjaan. Karena jarum jam tidak bergerak ke kiri.
Waktu tidak dapat kita mundurkan. Sementara kita perlu jadi lebih produktif
untuk menghasilkan pekerjaan terbaik. Jika skala prioritas tidak ditentukan
maka kita tidak tahu mana yang termasuk pekerjaan yang bersifat mendesak dan
penting, yang penting, yang mendesak dan yang tidak pendesak & tidak
penting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar